Polres Samosir Perketat Latihan Dalmas Meningkatkan Kesiapan Hadapi Pilkada 2024



Samosir | Elindonews.my.id


Dalam kesiapan menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2024 mendatang, Polres Samosir melakukan pelatihan Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan seperti yang dilaksanakan di Lapangan Mako Polres Samosir, Sabtu (11/5/2024) pagi.


Pelaksanaan latihan Dalmas dipimpin oleh Kabag Ren Polres Samosir Kompol Kristian Sianturi dengan Danton Dalmas Lanjut oleh Bripda Andrian Sigalingging, Danton Dalmas Awal Bripka Hasudungan Silitonga dan Pelatih Dalmas Brigadir Egidium Silitonga.


Kabag Ren Polres Samosir (Mantan Pasukan Brimob Polda Sumut) membuka pelatihan dengan memberikan penjelasan kepada seluruh personil dalmas, Adapun dasar latihan dalmas Ini Sesuai Undang – undang No. 02 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Perkap Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa serta Perkap Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian. Paparnya.



Selanjutnya dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan kita saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel polres Samosir dapat mengendalikan dirinya dengan baik.


Tujuan dari latihan Dalmas Ini untuk membangun jiwa kekompakan dan kebersamaan dalam menghadapi ancaman yang berpotensi timbul dari aksi unjuk rasa. Kita laksanakan latihan secara rutin, dimana hal ini untuk mengantisipasi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan, juga melatih kesigapan kita dalam menyambut pilkada serentak yang akan berlangsung bulan November 2024 mendatang, ungkapnya.


Unsur - unsur pelaksana Dalmas yang dilatihkan yakni Tim Negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjutan, Perlengkapan, Dokumentasi dan pengawasan personil. Dengan pedoman pelaksanaan yakni Susunan kekuatan satuan pengendalian Massa, Perlengkapan dan peralatan, Redaksional kalimat himbauan kepolisian, Eskalasi, Formasi dasar bersaf (Dalmas awal), Bentuk formasi dalmas awal, Formasi lapis bersaf(Dalmas lanjutan), Sikap Lapis bersaf (Dalmas lanjutan), Bentuk formasi dalmas lanjutan.


Ditempat berbeda,  Kasi Humas Polres Samosir menyampikan Kita terus memperdalam formasi teknik dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir dan tidk tercerai berai saat berhadapan dengan amukan massa.  Apalagi sebentar lagi Pilkada 2024 akan segera digelar yang berpotensi terjadi aksi unjuk rasa. 


Atas hal tersebut maka Polres Samosir menjadwalkan Pelatihan dalmas akan dilaksanakan setiap hari Sabtu demi keamanan pelaksnaan pilkada 2024 dan keselamatan personil dalmas saat diterjunkan kelapangan, tutup Brigadir Vandu P Marpaung.

( Nanang Simatupang ).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar