Ribuan Anggota CU Cinta Kasih Kecewa Minta Dilakukan Audit Eksternal Uang Deposito Rp.90 Miliar Gak Jelas


Ribuan Anggota CU Cinta Kasih Kecewa Minta Dilakukan Audit Eksternal Uang Deposito Rp.90 Miliar Gak Jelas


MEDAN | Elindonews.my.id


Ribuan anggota CU Cinta Kasih diwakili sekira 400 yang menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada, Sabtu (24/2/2024) di Jalan Setia Budi, Komplek Unika ST.Thomas Medan, mengaku sangat kecewa atas uang simpanan (Deposito) sekira sebesar Rp.90 Miliar lebih yang tidak bisa dikembalikan oleh pengurus CU Cinta Kasih.


Rapat dipimpin Ketua panitia Fransisco Bangun, dihadiri Ketua CU Cinta Kasih Desman Sirait, Sekretaris Gotrin Sipayung, dewan pengawas dan para ketua unit koperasi.


Seluruh anggota CU Cinta Kasih mendesak agar pengurus segera mengembalikan uangnya, karena diduga uang simpanan/deposito tersebut di permainkan oleh para pengurus.


Tercatat, jumlah anggota CU Cinta Kasih, per Desember 2023 sebanyak 14.961.


"Kami ikut menghadiri RAT ini meminta kepada Ketua dan pengurus CU Cinta Kasih agar segera mengembalikan seluruh uang kami pak, karena menurut kami uang tersebut dipermainkan oleh pengurus," sebut para anggota dengan kesal kepada wartawan, Sabtu (24/2/2024) sore.


"Karena setiap digelar RAT terkesan tidak ada gunanya selalu pengurus berdalih atau buang badan untuk pengembalian uang kami." Hal ini sudah berlangsung sejak tahun 2015, ucap seorang ibu yang hadir.


Lanjut dikatakan salah seorang anggota CU.Cinta Kasih yang sudah berusia lansia mengaku dibodoh-bodohi oleh ketua dan pengurus CU. Cinta Kasih, karena setiap datang ke kantor CU Cinta Kasih untuk meminta uang simpanan/depositonya selalu alasannya dicicil karena tidak ada ketersediaan uang.


Anehnya di Koperasi ini, setiap mau menyimpan uang atau deposito, pengurus sangat cepat melayani. Tapi ketika jatuh tempo mau ambil uang, pengurus selalu berkilah, "tidak bisa diambil, perpanjangan otomatis" atau tidak ada uang.


"Bolak-balik saya ke kantor CU.Cinta Kasih Pak untuk minta uang saya dikembalikan namun tidak pernah berbuah hasil, pengurus CU.Cinta Kasih selalu banyak alasan," ucap anggota yang sudah berusia lansia dengan meneteskan air mata.


Bayangkan, uang deposito diatas rp.100 juta, akan dikembalikan cicil rp.50 ribu tiap bulan. Wah..gawat, kemana uang saya, kok dicicil. Belum lagi perjanjian suku bunga 0,8 persen sebulan bisa menjadi 0,2 persen. Aneh, sesukanya saja, padahal setiap anggota yang deposito, kan ingin suku bunga yang tinggi.


"Saya ini sudah lansia pak, tega ketua dan pengurus menipu/bodoh-bodohin saya, padahal kewajiban saya di CU Cinta Kasih selalu saya tepati. Namanya CU.Cinta Kasih tapi nyatanya tidak ada kasih di pikiran ketua dan pengurus CU Cinta kasih," ujarnya.


Bukan hanya ratusan juta deposito seorang anggota, bahkan ada yang rp.2 Miliar dan sudah bertahun-tahun gak bisa ditarik. Gak jelas RAT nya ini, Laporan keuangan pun terkesan asal jadi. Gak ada disitu dicantumkan pengeluaran atau nama-nama peminjam, gak transparan, ujar seorang pria yang mengaku anggota.


Untuk itu, seluruh anggota CU.Cinta Kasih meminta agar dilakukan Audit Eksternal meski memerlukan biaya yang sangat besar, demi kejelasan Ketua dan pengurus CU.Cinta Kasih yang berpusat di Jalan KL. Yos Sudarso, P.Brayan Medan.


Turut hadir dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) itu, Andre  Kabid Dinas Koperasi Sumut beserta staff yang menyarankan agar dilakukan Audit Eksternal. 


Kesimpulannya, seluruh anggota setuju dilakukan Audit Eksternal, walaupun biayanya mahal.(Roi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar