Stabilitas Keuangan Indonesia Tetap Terjaga Tahun 2024



Jakarta | Elindonews.my.id


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  mengatakan Stabilitas Keuangan tahum 2023 tetap terjaga dengan baik setelah dioverdensi ditengah resiko perlambatan ekonomi dunia dan ketidak pastian pasar keuangan global, perkembangan ini didukung oleh kondisi perekonomian dan sistim keuangan domestik yang direselien serta kondisi dan sinergi dari seluruh komponen KKSK yang terus diperkuat.


Demikian  dikatakan Menteri Keuangan Sri Muliani dalam jumpa wartawan tanggal Selasa, 30 Januari 2024 dikementrian selanjutnya mengatakan, dengan perkembangan tersebut kondisi perekonomian dan sistem keuangan domestik secara keseluruhan 2023 terjaga baik dan mendukung pemulihan serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Memperkuat memperhatikan koordinasi dan memperhitikan koordinasi dan sinergi serta meningkatkan kèwaspadaan terhadap resiko perlambatan ekonomi global dan berkelanjutan ketidakaspatian global pada 2024 dan juga kondisi perekonomian domestik serta perlambatan yang mungkin terjadi dari sisi global.


Selanjutnya pertumbuhan ekonomi dunia melambat dengan ketidakastian pasar keuangan yang mereda ditengah difergensi yang semakin melebar.


Dikatakan, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia akan melambat dari sebelumnya 3 persen tahun 2022 menjadi 2,6 persen (yoy) tahun 2023 dan kembali internal 2,4 persen pada tahun 2024 dan 2023 menurut Bank Dunia lebih lemah.


Selanjutnya, ekonomi Amerika Serikat tumbuh cukup kuat ditahun 2023 namun tekanan fiskal hukhusnya laba pembayaran bunga keuntungan menjadi resiko utama kedepan, eropah masih lemah dan di Tiongkok cenderung melambat akibat masih berlanjutnya krisis disektor properti, disisi lain pertumbuhan inflasi global berlanjut tentu ini positf terutama Amerika Serikat.-FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar