Curah Hujan Tinggi Masyarakat Murung Raya Waspada Banjir



Murung Raya | Elindonews.my.id


Curah hujan dengan intensitas tinggi kembali mengguyur daerah Kota Murung Raya (17/01) pagi ini. Warga diminta mewaspadai naiknya air setelah hujan selama beberapa jam.


“Ya dengan kondisi curah hujan tinggi pagi ini kita pastinya khawatir potensi air banjir malah naik,” kata Salah seorang  warga Kota Murung Raya, Rabu (17/01/2024).


Masyarakat menyebut ketinggian banjir di kawasan Puruk Cahu itu sudah mencapai 1 hingga 2 meter. Warga yang terdampak harus menggunakan alat transportasi perahu kecil.


Meski kondisi rata-rata rumah di daerah Kelurahan Beriwit adalah jenis rumah panggung, namun air banjir sudah tinggi hingga masuk ke dalam rumah.


“Rumah ditempat kami ini kan rata-rata rumah panggung, tetapi sebagian rumah sudah masuk banjirnya, dan kalau di rumah saya itu banjir sudah capai 2,5 meter,” ujar Masyarakat tersebut.


Sementara di Kelurahan Laung , Kecamatan Laung Tuhup banjir sudah meredam beberapa rumah. Kondisi banjir ini karena kawasan Laung berapa di pinggir Sungai Barito yang kini sudah meluap.


Ketinggian air di laung juga bervariasi, dari 50 cm hingga capai 2,5 meter. Meski sejauh ini belum begitu banyak warga yang mengungsi, pihak kelurahan sudah menyiapkan posko-posko bagi warga.


“Ya kita sudah ada posko, memang sejauh ini warga masih banyak bertahan di rumah, tetapi ada pula yang mengungsi jika banjir sudah tinggi, dan itu maka dengan terpaksa masyarakat harus segera mengungsi.


Karena hujan yang lebat mengguyur Kota Murung Raya Rabu pagi, BPBD Murung Raya mengimbau warga untuk berhati-hati dan waspada karena kemungkinan besar air banjir akan naik lagi.


“Ya karena hujan pagi ini cukup tinggi, kita imbau warga terus berhati-hati dan waspada. Kita juga imbau agar warga bisa menjaga anak balita atau anak-anak mereka jangan sampai dibiarkan karena ketinggian air ini bisa lebih 2 meter, dan mana rumah yang sudah masuk air dijaga aliran listriknya, serta termasuk kalau ada warga keluarganya lansia yang sakit silahkan lapor ke posko terdekat biar bisa segera kita evakuasi,” terangnya.


Diketahui banjir di Kabupaten Murung Raya ini terus meluas, Tercatat banjir ini juga merendam wilayah Kecamatan dan Desa desa lain yang dekat dengan bantaran sungai Barito.( Sukerman Mura )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar