Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar Bersama Hiswana Migas Audensi Ke Pj Gubsu



Medan | Elindonews.my.id


Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas atau LPG subsidi dan nonsubsidi di Sumatera Utara (Sumut) menghadapi Natal 2023 dan tahun Baru 2024 (Nataru) terjamin.


Hal ini disampaikan Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (15/12/2023), Medan. 


Ikut hadir bersama Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumut, Freddy Anwar menyampaikan memperkirakan akan ada peningkatan konsumsi BBM 5% hingga 10% di momen Nataru 2024 ini. 


Ia mencontohkan konsumsi bahan bakar Pertalite, Pertamax, Turbo, yang akan naik 5%-10%. Namun untuk solar, diprediksi akan turun karena pada saat itu sektor industri sudah mulai menurunkan operasional.


"Diperkirakan untuk bahan bakar solar turun 3 persen. Sementara untuk peningkatkan konsumsi LPG diperkirakan naik sekitar 3 persen. Dengan segala peningkatan tadi, kebutuhan dan stok aman. Jadi tidak ada masalah," sebut Freddy Anwar.


Dijelaskan Freddy Anwar, persiapan yang sudah dilakukan di antaranya lima instalasi terminal BBM yang siap menyuplai bahan bakar ke SPBU. Kelima instalasi tersebut berada di Belawan-Labuhan Deli, Pematang Siantar, Sibolga, Kisaran, dan Nias.


Selain itu, tentu ada juga penambahan pasokan bahan bakar dari Kilang Dumai yang diangkut dengan kapal-kapal menuju Sumut. "Yang pastinya kesiapan kita dimulai sejak hari ini hingga 15 Januari mendatang, yang artinya pasokan sudah aman. Begitu juga dengan pasokan bahan bakar," imbuhnya. 


Pj Gubsu Hassanudin mengapresiasi persiapan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut untuk melayani konsumsi BBM dan LPG di Nataru. Ia mengharapkan Pertamina terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.


"Untuk itu, kita harus siap siaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan memastikan stok BBM dan LPG untuk masyarakat harus tercukupi. Tidak terjadi kelangkaan. Karena ini untuk kepentingan masyarakat," ucap Pj Gubsu Hassanudin.


Lanjut Pj Gubsu Hassanudin berharap, untuk menghadapi libur Nataru nantinya tidak ada kendala yang dialami masyarakat Sumut. Dalam hal itu, ia berharap adanya kerjasama dari semua pihak.


"Tentu semua pihak harus sinergia, agar arus lalu lintas berjalan lancar, terjaminnya ketersediaan bahan pokok, BBM, LPG, dan juga memberikan keamanan yang dapat menciptakan kenyamanan bagi masyarakat saat libur Nataru nanti," pungkasnya. 


Turut hadir di antaranya Ketua Hiswana Migas Sumut Haris Rajali, Kadis Perindag dan ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang, Kadiskop UKM Sumut Naslindo Sirait, Kepala Bappenas Sumut Achmad Fadly, dan Kabiro Perekonomian Setdaprov Sumut Poppy Marulita Hutagalung, serta jajaran manajemen Pertamina Sumbagut. (JB Rumapea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar